Manfaat Dan Bahaya Daun Mint Bagi Kesehatan

Daun mint merupakan ramuan populer yang sangat bermanfaat. Sudah sejak lama daun mint dijadikan sebagai ramuan herbal alami, selain kaya akan kandungan nutrisi juga bagus untuk memberantas berbagai masalah kesehatan. Bahkan siapa saja yang meminum secangkir teh daun mint dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebanyak 13%.

Tahukah anda bahwa satu cangkir teh daun mint sangat berguna  bagi pernapasan?

Menurut sebuah studi, satu cangkir teh daun mint dapat memberikan asupan vitamin A sebanyak 12% bagi kesehatan sistem pernapasan. Selain itu, ramuan ini juga menawarkan manfaat lain yang lebih banyak dan langka sehingga tak banyak pula orang yang mengetahuinya.

Mau tau lebih lengkap mengenai manfaat daun mint untuk kesehatan? Jangan kemana-mana tetap stay disini dan baca artikel sampai akhir. Akan ada lebih banyak lagi manfaat menakjubkan yang bisa didapatkan dari daun mint bagi kesehatan.


Manfaat Dan Bahaya Daun Mint Bagi Kesehatan

  • Manfaat Dan Bahaya Daun Mint Bagi KesehatanBagus untuk mata. Daun mint mengandung berbagai nutrisi yang bagus untuk kesehatan. Mengkonsumsinya secara rutin dapat meningkatkan kesehatan mata sebanyak 18%.
  • Menghindari stres. Ramuan mint dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif, sejenis kerusakan sel yang disebabkan radikal bebas. Manfaat Dan Bahaya Daun Mint Bagi Kesehatan
  • Memperbaiki sistem pencernaan. Minyak daun mint mengandung senaya mentol yang dapat meringankan gejala sakit perut, kembung atau perubahan kebiasaan buang air besar melalui efek relaksasi otot saluran pencernaan.
  • Mencegah kanker. Periset menemukan bahwa 75% orang yang mengkonsumsi teh daun mint selama 4 minggu dapat mencegah munculnya penyakit kanker dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya sama sekali.
  • Memperbaiki fungsi otak. Menghirup aroma teh daun mint bukan hanya bagus untuk mengusir stres tetapi juga cocok untuk mengembalikan fungsi otak hingga lebih baik.
  • Meningkatkan konsentrasi. Studi menemukan bahwa mencium aroma minyak mint saat mengemudi dapat meningkatkan kewaspadaan dan menurunkan tingkat frustasi, kecemasan dan kelelahan.
  • Cocok untuk penderita asma. Daun mint dianggap dapat mengobati penyakit asma karena 12% dari pasien asma yang diobati menggunakan daun mint mengalami perubahan yang cukup signifikan, dibandingkan dengan mereka yang memilih perawatan medis sebagai solusinya.
  • Mengurangi rasa sakit ketika menyusui. Banyak peneliti yang mengklaim bahwa penggunaan air daun mint setelah menyusui lebih efektif untuk mencegah retaknya puting susu. Manfaat Dan Bahaya Daun Mint Bagi Kesehatan

Meski daun mint ini kaya akan kandungan yang sangat menguntungkan, namun apabila penggunaannya tidak tepat maka dapat membahayakan kesehatan. Berikut adalah beberapa bahaya yang ditimbulkan :

  1. Menyebabkan rasa pusing berkepanjangan
  2. Mual dan muntah pada penderita alergi
  3. Reaksi iritasi pada penderita penyakit kulit
  4. Menimbulkan rasa gatal dan panas
  5. Dapat memperburuk peradangan pada beberapa kondisi medis

Hal yang berguna untuk kesehatan bukan berarti tidak memiliki risiko. Oleh karena itu, jangan seenaknya menentukan dosis apabila ingin mengatasi suatu kondisi karena apapun yang digunakan secara berlebihan justru akan menjadi buruk bagi tubuh. Manfaat Dan Bahaya Daun Mint Bagi Kesehatan

Tinggalkan Komentar