Lima Jenis Makanan Untuk Mengatasi Penyakit Eksim

Lima Jenis Makanan Untuk Mengatasi Penyakit EksimMenderita penyakit eksim sangat mengganggu aktivitas. Di bagian tubuh mana pun eksim muncul, efeknya sangat mengganggu sekali. Ketika muncul di bagian yang terbuka, rasa malu dan minder muncul karena kulit tidak indah lagi. Meski pun muncul di bagian tubuh yang tersembunyi, eksim ini tetap akan diketahui orang-orang, karena rasa gatal yang ditimbulkannya bagaikan radar yang menunjukkan “disanalah eksim berada”.

Lima Jenis Makanan Untuk Mengatasi Penyakit Eksim

Beruntung sekali, eksim tidak menular, jadi Anda tidak usah benci pasangan hanya karena si dia mengalami eksim. Lagi pula, sebaiknya Anda pastikan betul-betul apakah itu eksim atau bukan? Untuk memastikannya, kenali gejala seperti kulit kemerahan, sering garuk (gatal-gatal), dan terjadi peradangan hingga bengkak. Gejala awal yang yang terlihat berupa kulit kering dan terlihat seperti bersisik, teriritasi, kemudian memerah, disitulah gatal mulai muncul.

Jika sudah terbentuk infeksi, eksim akan membentuk lepuhan berisi cairan yang mudah pecah, disinilah eksim mulai terlihat menjijikan. Di bawah ini ada enam jenis makanan yang bisa mengurangi gejala eksim, atau bahkan menyembuhkannya. Namun hal itu beragantung pada kesungguhan Anda.

Lima Jenis Makanan Untuk Mengatasi Penyakit Eksim

Buah pisang

Ada yang mempertanyakan keampuhan buah pisang untuk eksim, namun ada juga yang mantap menggunakan pisang untuk mengobati eksim.

Pengobatan tersebut dinamakan “Banana Island”, sebuah program berupa 10 hari hanya makan pisang.  Ini adalah pengalaman dari sebuah keluarga yang mengalami eksim. Awalnya, hanya satu orang yang dilibatkan dalam program tersebut, namun karena berangsur baik, akhirnya seluruh anggota keluarga dilibatkannya.

Setelah tiga bulan, perubahan pada penyakit eksim yang hampir disekujur tubuh pun hilang, hanya meninggalkan beberapa bintik merah. Jika ditinjau dari kandungan nutrisi buah pisang, pisang kaya akan kalium, magnesium, dan vitamin C yang mendorong perbaikan kulit akibat eksim. Termasuk mengurangi gejala gatalnya.

Yogurt untuk eksim

Sifat probiotik pada yogurt bisa mengurangi gejala eksim dengan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh secara langsung. Sebuah artikel yang dipublikasikan pada tahun 2007 di “Journal of Nutrition” menyarankan beberapa bakteri probiotik bisa memberikan perlindungan dari serangan alergi dengan meningkatkan produksi mukosa, sekretori imunoglobulin A.

Sekretorik IgA berperan dalam pengecualian alergen dengan mengurangi paparan sistem imun terhadap antigen. Dalam artikel tersebut juga disebutkan bahwa bayi dengan alergi tersebut mengalami rendah Bifidobacterium, bakteri yang sebenarnya terdapat pada yogurt. Ketika dimasukkan ke dalam suplemen susu formula bayi, maka supelmen tersebut juga berperan dalam pengoabtan eksim.

Menggunakan ikan dan biji-bijian

Ikan dan biji-bijian masuk ke dalam daftar makanan yang bisa mengobati eksim karena di dalam bahan makanan ini terdapat omega 3. Jika tidak mengandung omega-3, makan jenis ikan dan biji-bijian apa pun tidak masuk ke dalam daftar ini.

Berdasarkan informasi yang saya cari di internet, masih banyak pendapat yang bertolak belakang. Ada yang menyarankan untuk konsumsi suplemen omega-3 ada juga yang menyarankan agar ditemani dengan omega-6 dengan perbandingan 1 berbanding 3. 1/4 omega-3 dan 3/4 lainnya omega-6.

Namun dari telegraph.co.uk, peneliti Jerman, yang karyanya diterbitkan dalam British Journal of Dermatology, melibatkan 44 pasien eksim atopik berusia antara 18-40 tahun dengan tablet 5.7g Omega 3 perhari atau kapsul plasebo selama delapan minggu. Dari hasil penelitian tersebut tercatat penurunan gejala hingga 18 persen.

Daun bawang

Daun bawang untuk mengobati eksim saya rasa masih dipertanyakan. Di sisi lain iya, di sisi lain tidak. Ada banyak jenis bawang di dunia ini, meskipun secara harfiah, daun bawang bisa mengacu pada daun bawang merah, daun bawang putih, atau daun bawang bombay, tapi yang jelas bukan bawang daun.

Bersumber dari merdeka.com, daun bawang disebutkan memiliki manfaat kesehatan, termasuk untuk mengobati eksim. Alasannya adalah karena daun bawang mampu mengurangi kadar histamin dan bersifat anti-implamasi. Alasan lainnya, adalah karena adanya vitamin K dalam daun bawang, yang bagus untuk kesehatan kulit.

Sementara itu, bawang daun, ternyata menjadi salah satu bahan yang harus dihindari karena diyakini mampu memperparah peradangan, informasi tersebut didapatkan dari skindiseasehospital.org, bahkan disana disebutkan bahwa “ketika kamu makan bawang daun, maka kamu akan mengalami penyakit eksim.” Jadi bagi Anda yang ingin mencoba mengobati eksim dengan bahan bawang, sebaiknya konsutasikan kepada dokter.

Minum Teh Chamomile

Teh chamomile bisa dijadikan alternatif lainnya. Menurut naturalremedyideas.com teh chamomile mampu melawan bakteri, dan mampu mengobati beberapa kondisi kesehatan seperti, sakit tenggorokan, radang gusi, kurang tidur, ketegangan, sakit perut, gangguan usus, psoriasis, dermatitis dan peradangan kulit. Selain dalam bentuk teh, chamomile juga bisa didapat dalam bentuk minyak, cairan, larutan, atau krim. Namun teh adalah yang paling umum digunakan dan diperkenalkan.

Konsumsi Ubi

Ubi jalar merupakan salah satu dari sayuran yang sudah dikenal manusia. Selain menjadi salah satu bahan sayur yang kaya nutrisi, ubi jalar juga menjadi salah satu makanan yang bereaksi terhadap alergi, ini menjadi berita bagus menginat eksim selalu dikait-katikan dengan alergi. Lebih jauhnya lagi, ubi jalar kaya akan vitamin C dan mengandung antioksidan. Anda mau pilih yang mana?

Tinggalkan Komentar